Langsung ke konten utama

Pengertian Komunisme

Pengertian Komunisme
Negara komunis adalah istilah politik yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk pemerintahan suatu negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaan kepada komunisme (Marxisme, Leninisme, atau Maoisme). Negara komunis yang masih ada hingga kini adalah Republik Rakyat Cina, Kuba, Korea Utara, Laos, dan Vietnam.

Definisi komunisme atau paham komunisme. Paham komunisme atau idealisme komunisme adalah paham yang merupakan sebagai bentuk reaksi atas perkembangan masyarakat kapitalis yang merupakan cara berpikir masyarakat liberal.

Berkembangnya paham individualisme liberalisme di barat berakibat munculnya masyarakat kapitalis menurut paham komunisme, mengakibatkan penderitaan rakyat.

Komunsime muncul sebenarnya sebagai reaksi penindasan rakyat kecil oleh kalangan kapitalis yang didukung oleh pemerintah.

Bertolak belakang dengan individualisme kapitalisme, paham komunisme yang dicetuskan melalui pemikiran Karl Marx memandang bahwa hakikat kebabasan dan hak individu itu tidak ada.

Paham komunisme dalam memandang hakikat hubungan Negara dengan agama meletakkan pada pandangan filosofisnya yaitu materialisme diakletis dan materialisme historis. Hakikat kenyataan tertinggi menurut komunsime adalah materi.

Pengertian Komunisme (Ekonomi)
Komunisme adalah ideologi politik dan struktur sosial ekonomi yang mendorong pembentukan masyarakat yang egalitarian, tanpa kelas, dan tanpa negara berdasarkan kepemilikan dan kontrol yang sama atas faktor produksi dan harta secara umumnya. Karl Marx menganjurkan komunisme sebagai tingkat akhir dalam masyarakat manusia, yang bisa dicapai melalui revolusi golongan proletar. "Komunisme murni" menurut Marx merujuk kepada masyarakat tanpa kelas, tanpa negara dan bebas penindasan di mana keputusan tentang produksi dan kebijakan yang dibuat secara demokratis berarti memungkinkan setiap anggota masyarakat berpartisipasi dalam proses membuat keputusan dari segi ekonomi, politik dan sosial.

Karl Marx, Pendiri Komunisme.Sebagai ideologi politik, komunisme dianggap sebagai satu cabang sosialisme; satu filsafat luas tentang ekonomi dan politik yang dipengaruhi oleh berbagai gerakan politik dan intelektual dengan aslinya dari hasil kerja mereka pada Revolusi Industri dan Revolusi Perancis.

Komunisme mencoba untuk memberi satu alternatif kepada masalah dalam ekonomi pasar kapitalisme dan warisan penjajahan dan nasionalisme. Marx menyatakan hanya satu jalan untuk menyelesaikan masalah-masalah ini adalah untuk golongan pekerja (proletar), yang menurut Marx adalah produsen utama kekayaan dalam masyarakat yang dieksploitasi oleh kelas kapitalis (borjuis), menolak golongan borjuis ini daripada kelas pemerintah untuk mendirikan masyarakat bebas tanpa pembagian kelas dan kaum.Selain Karl Marx, tokoh penting lain adalah Friedrich Engels. Paham dominan komunisme seperti Leninisme, Stalinisme, maoisme dan Trotskyisme adalah berakar dari Marxisme.

Akan tetapi ada juga paham bukan Marxis dalam komunisme seperti komunisme Kristen. Dalam penggunaan zaman modern, komunisme selalu mengacu kepada Bolshevisme atau Marxisme-Leninisme.Era kegemilangan komunisme adalah antara akhir Perang Dunia II dan tahun 90-an ketika komunis berkuasa di Uni Soviet. Komunisme juga memiliki pandangan bahwa "agama adalah racun yang bisa mengekang pemikiran rakyat".

Menurut Manifesto Komunis, Komunisme terdiri dari sepuluh tiang utama :

  • Penghapusan Hakmilik Swasta.

  • Pajak Penghasilan Progresif yang Berat.

  • Penghapusan Hak Harta Pusaka.

  • Perampasan Hak Kepemilikan Harta.

  • Keberadaan Bank Pusat.

  • Sistem Komunikasi dan Transportasi Milik Pemerintah.

  • Pabrik dan Kawasan Pertanian dimiliki Pemerintah.

  • Golongan Pekerja Diatur Pemerintah.

  • Perencanaan Regional dan Perladangan yang Dikorporatkan.

  • Pendidikan di bawah Kontrol Pemerintah.


Negara-negara komunis

Ideologi komunisme mulai diterapkan saat meletusnya Revolusi Bolshevik di Rusia tanggal 7 November 1917. Sejak itu komunisme disebarkan sebagai sebuah ideologi ke negara lain. Komunisme ini merupakan paham yang tidak percaya akan keberadaan Tuhan.

Komunisme Ini menyebabkan banyak penduduk beragama tidak mendukung komunis. Pemerintah komunis juga sering menindas mereka yang berpegang pada agama.

Secara resmi ada 9 negara yang pernah didirikan berpegang dengan ideologi komunisme yaitu :

  1. Uni Soviet (Uni Republik Sosialis Soviet)

  2. Cina (Republik Rakyat Cina)

  3. Cuba (Republik Cuba)

  4. Laos (Republik Demokratik Rakyat Lao)

  5. Vietnam (Republik Sosialis Vietnam)

  6. Korea Utara (Republik Rakyat Demokratik Korea)

  7. Yaman Selatan (Republik Demokratik Rakyat Yaman)

  8. Myanmar / Burma (Republik Sosialis Uni Burma)

  9. Kamboja / Kampuchea (Demokratik Kampuchea)


Namun hanya 5 negara yang tetap memerintah di bawah komunis yaitu:

  1. Cina

  2. Laos

  3. Vietnam

  4. Cuba

  5. Korea Utara


ideologi komunisme diperjuangkan dahulu sudah mulai luntur termakan usia setelah pencetusannya. Hal ini dapat dilihat di Negara Cina sendiri, kebijakan pemerintah Cina terhadap investor (kapitalis) yang dianggap musuh rakyat telah berubah sejak 90-an. Hal ini dapat dilihat dengan kebanjiran pabrik-pabrik di dalam negeri Cina sendiri.

Meskipun banyak yang menganggap ideologi komunisme sudah lemah menyusul jatuhnya Uni Republik Soviet pada tahun 1991, namun ideologi itu tetap ada dalam bentuk sosialisme. Masih ada Partai Komunis di negara-negara lain seperti di barat yang memperjuangkan hak pekerja, pelajar dan bersikap anti-kolonial.

sumber referensi: wikipedia indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VE OnUs POS SA Artinya Adalah

Anda melakukan mutasi rekening mandiri anda! dan melihat transaksi yang namanya VE OnUs POS SA dan anda tidak tau itu? nah jawabannya adalah VE OnUs POS SA itu history transaksi kita saat belanja di indomart dan sejenisnya, coba anda ingat-ingat apakah anda tadi belanja dengan kartu debit anda? semoga artikel VE OnUs POS SA ini bermanfaat untuk anda, ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ya :D

List Backlink WEB 2.0 2016

SL NO Web 2.0 Sites PR Alexa Rank DA PA 01 https://wordpress.com 9 38 98 97 02 https://www.blogger.com 9 77 97 93 03 https://www.tumblr.com 9 42 99 95 04 https://www.xing.com 9 1060 93 94 05 http://issuu.com 9 564 95 96 06 http://www.weebly.com 8 261 96 97 07 http://www.livejournal.com 8 195 96 95 08 http://www.goodreads.com 8 282 96 94 09 http://www.jimdo.com 8 567 95 92 10 http://storify.com 8 4033 91 92 11 http://www.wix.com 8 233 93 95 12 https://myspace.com 8 1830 99 97 13 http://www.salon.com 8 1234 94 80 14 http://www.last.fm 8 1516 95 94 15 https://groups.google.com 7 1 100 53 16 http://www.typepad.com 7 1132 92 92 17 http://www.angelfire.lycos.com 7 9034 95 90 18 http://www.wikispaces.com 7 2572 83 86 19 http://www.rediff.com 7 341 86 89 20 http://www.wikidot.com 7 4354 86 87 21 http://www.webs.com 7 1811 92 93 22 http://www.ning.com 7 1519 90 92 23 http://webnode.com 7 5264 83 57

Biografi Sayyid Hamzah Syatho Sedan

SAYYID HAMZAH SYATHO adalah sosok paling alim beliau termasuk dzurriyyah rasulullah dan juga termasuk keluarga abd aziz. Beliau juga masih keponakan dari assyaih al alim al alamah al arif billah abi bakar sayyid muhammad syatho yang lebih mashur dengan sayyid bakri (muallif kitab i’anatuttolibin hasyiyah fatkhul mu’in) Sayyid hamzah syatho adlah orang yang paling alimdalam segala fan alqur’an yang menjadi wirid keseharian beliau disetiap kesempatan dan dimanapun beliau berada SEJARAH KEHIDUPAN HAMZAH SYATHO Kurang lebih pada abad 18m pada pemerintahan malik syarif husain terjadi kudeta yang dipimpin oleh abdullah bin saud yang ingin menyebarkan faham wahabiyah dampak negatifpun muncul setelah kemenangan abdullah bin sa’ud penolakan dan kebencian terhadap faham ahlussunnah waljama’ah pun timbul hingga melebarkan kebencian tersebut sampai pada pare habaib khususnya habib yang bermukim di tarim , hadramaut yaman, termasuk para habaib adalah beliau sayyid hamzah syatho. Kebencian mengarah

Point To Point Mikrotik LHG XL aC Jarak 8 KM Inilah Hasilnya Yang Bikin Penasaran

PTP Mikrotik LHG XL aC Jarak 8 Km - Baik kembali lagi saya menulis di blog ini yang sebetulnya sudah lama banget tidak saya update, kali ini saya akan membahas tentang jaringan yang akhir-akhir ini saya sukai. routerboard mikrotik adalah salah satu perangkat yang saya pakai untuk membuat sebuah jaringan internet didaerah saya yang belum ada internet kabel masuk seperti telkom dll, sehingga saya dan teman saya berinisiatif untuk meng-online-kan seluruh desa-desa yang belum tercover oleh internet kabel yang cepat unlimited dan terjangkau dimasyarakat. kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menggunakan routerboard mikrotik dengan produk kode "RBLHGG-5acD-XL" atau lebih dikenal dengan LHG XL aC , dimana produk ini merupakan pengembangan dari produk LHG terbaru dari mikrotik. RBLHGG-5acD-XL saya gunakan untuk PTP (point to point) dalam membuat jaringan backbound antara lokasi sumber internet dan repeater yang ada ditengah-tengah antara beberapa desa yang ingin saya c

Install Webserver di Openwrt, uhttpd + php7 + Mysql-server

Wajib Extroot, Berikut ini dokumentasi saya saat install webserver di router linux openwrt, sengaja tidak disertai dengan penjelasan yang lengkap karena memang hanya sebuah dokumentasi saja biar nanti kalau lupa bisa merujuk kembali. UPDATE opkg update INSTALL PHP-7 opkg install php7 opkg install php7-cgi Edit dan tambahkan kode dibawah ini pada: /etc/config/uhttpd list interpreter ".php=/usr/bin/php-cgi" option index_page index.php opkg install php7-mod-ctype php7-mod-curl php7-mod-dom php7-mod-exif php7-mod-fileinfo php7-mod-ftp php7-mod-gd php7-mod-gettext php7-mod-gmp php7-mod-hash php7-mod-iconv php7-mod-json php7-mod-ldap php7-mod-mbstring php7-mod-mcrypt php7-mod-mysql php7-mod-openssl php7-mod-pcntl php7-mod-pdo php7-mod-pdo-mysql php7-mod-pdo-pgsql php7-mod-pdo-sqlite php7-mod-pgsql php7-mod-session php7-mod-simplexml php7-mod-soap php7-mod-sockets php7-mod-sqlite php7-mod-sqlite3 php7-mod-sysvmsg opkg install php7-mod-sysvsem php7-mod-sysvshm php7-mod-tokenizer php7